Selamat Datang di blog saya

Publicado  Sabtu, 12 Maret 2011

Pasang Tujuh Bek, Fergie Cari Aman


Manchester - Ketika daftar Starting XI Manchester United muncul, banyak yang mengerutkan dahi melihat ada tujuh orang bek yang dipasang dalam formasi. Sir Alex Ferguson pun menjelaskan strategi "aneh" miliknya tersebut.

Selain empat bek sejajar Nemanja Vidic, Chris Smalling, Wes Brown dan Patrice Evra, Fergie juga memasang John O'Shea serta si kembar Rafael dan Fabio da Silva. Tujuh orang pemain berposisi asli bek itu mengindikasikan United bakal bermain defensif-kendati tak ketujuhnya bermain sebagai bek.

Pada akhirnya, indikasi itu tak sepenuhnya benar. Terbukti kalau kemudian Rafael dan Fabio juga banyak membantu serangan dari kedua sayap. Meskipun Arsenal lebih banyak memenangi penguasaan bola, 'Setan Merah' masih bisa mengandalkan serangan balik cepat-dua gol dalam kemenangan 2-0 ini adalah buktinya.

Apa alasan fergie memainkan tujuh bek? Sementara ia masih memiliki Ryan Giggs, Paul Scholes dan Gabriel Obertan di bench.

Manajer asal Skotlandia itu menyebut bahwa dirinya juga harus memutar otak untuk menghadapi Olympique Marseille di Liga Champions tengah pekan depan. Memainkan Giggs dan Scholes, yang disiapkannya untuk melawan Marseille, adalah sebuah risiko.

"Saya tak bisa mengambil risiko dengan memainkan Scholes dan Giggs karena pertandingan hari Selasa nanti," ujarnya kepada Sky Sports.

"Itu adalah pertandingan penting bagi kami, dan jika Anda melihat cedera di barisan gelandang, kami harus mengubah rencana dan menemukan ide baru untuk menjaga energi kami," lanjutnya.

United memang baru saja kehilangan duet gelandang tengahnya, Michael Carrick dan Darren Fletcher, wajar kalau kemudian Fergie harus memutar otak untuk mencari solusinya. Tapi kabar baik juga datang setelah Antonio Valencia melakukan comeback dalam pertandingan ini.

Gelandang sayap itu mengalami patah kaki kala menghadapi Glasgow Rangers pada matchday I Liga Champions September 2010. Setelah absen hampir enam bulan, ia akhirnya bermain lagi dengan masuk di menit 46 menggantikan Fabio.

"Anak itu benar-benar pemain yang brilian. Ia membuat kami tenang berkat penguasaan bolanya," puji Fergie untuk Valencia.

0 komentar: